English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

SANGKAR

SANGKAR
PRODUKSI

Wednesday, March 28, 2012

Go Green di Kamar Tidur



Linda Mayasari - detikHealth


img
Jakarta, Semboyan go green yang sering disuarakan tidak hanya dapat dilakukan dengan menanam pohon dan mengurangi polusi saja. Anda bersama pasangan juga dapat mendukung kampanye ramah lingkungan dimulai dari kamar tidur.

Berikut 7 hal ramah lingkungan yang dapat dilakukan di kamar tidur seperti dikutip dari ivillage, Rabu (27/3/2012) antara lain:

1. Memilih Bahan Pakaian Dalam

Produksi pakaian merupakan salah satu penyebab masalah lingkungan karena banyak kain yang dibuat dari produk berbahan dasar minyak.


"Pilihlah pakaian dalam yang berbahan katun organik yang ramah lingkungan" kata Stefanie Iris Weiss, penulis buku Eco-Sex: Go Green Between the Sheets and Make Your Love Life Sustainable.

Pakaian dalam yang terbuat dari bahan daur ulang juga disarankan. Bahan daur ulang disini bukan berarti pakaian dalam yang telah digunakan, tetapi dibuat dari bahan daur ulang atau kain yang tidak terpakai.

2. Gunakan Sex Toys yang Bebas Bahan Kimia

Sebagian besar sex toys mengandung phthalates, yaitu bahan kimia yang biasa ditambahkan ke plastik agar tangguh dan fleksibel. Penggunaan bahan-bahan kimia dalam sex toys berbahan plastik dapat mengganggu sistem endokrin dan dapat menyebabkan kanker.

"Jika tercium bau bahan kimia yang menyengat dari sex toys yang baru anda beli, maka sebaiknya jangan digunakan. Carilah sex toys berbahan silikon yang telah diuji secara medis agar lebih aman" kata Weiss.

3. Gunakan Pelumas Berbahan Organik

Telitilah ketika membeli pelumas di apotek. Hindari membeli pelumas yang mengandung gliserin karena dapat mengganggu kelembaban alami organ reproduksi, membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit menular seksual dan infeksi akibat jamur.

"Jangan menggunakan pelumas terbuat dari produk minyak bumi dan carilah pelumas berbahan organik. Banyak produk mengklaim sebagai produk yang organik, jadi pastikan pelumas anda bersertifikat organik pada kemasannya" kata Weiss.

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan pelumas yang alami, tapi jika digunakan dengan kondom lateks akan mengurangi efektifitas. Gunakanlah pelumas minyak kelapa bersama dengan kondom poliuretan.

4. Gunakan Kasur yang Ramah Lingkungan

Kebanyakan kasur terbuat dari hal-hal seperti poliuretan, yang berasal dari minyak bumi. "Kasur berbahan poliuretan tidak ramah lingkungan karena membutuhkan minyak bumi dalam jumlah yang besar untuk membuatnya," kata Weiss.

Cobalah menggunakan kasur berbahan wol atau lateks alam sebagai alternatifnya. Harganya memang realitif mahal, tetapi kuat dan tahan lama. Pilihan yang lebih murah adalah kasur yang terbuat dari kapas organik, rami, kedelai dan bambu.

5. Pilihlah Sprei dari Bahan Linen

"Sprei pada umunya terbuat dari kapas yang ditanam dengan pestisida. Bahan kimia ini larut ke dalam kulit Anda. Gunakanlah sprei dengan bahan linen yang lembut dan ramah lingkungan," kata Weiss. Linen terbuat dari bahan rami yang halus, kuat, dan dingin bila digunakan.

6. Menggunakan Minyak Kelapa untuk Memijat

"Minyak kelapa adalah minyak yang multifungsi. Anda dapat memijat, pembersih wajah, dan memasak sayuran dengan menggunakan satu produk minyak kelapa" kata Weiss

Tuangkan minyak kelapa ke dalam mangkuk dan taruhlah mangkuk tersebut di atas nyala lilin selama beberapa menit untuk menghangatkannya agar diperoleh pijatan yang lebih mewah.

7. Mengurangi Penggunaan Kondom Lateks

"Sekian juta kondom dan pembungkus kondom dibuang ke tempat pembuangan sampah setiap tahun. Kondom-kondom bekas pakai tersebut tidak mungkin dapat didaur ulang," kata Weiss.

Tetapi beberapa perusahaan kini mulai beralih dari kondom lateks dan mulai mengembangkan kondom dari bahan sumber daya alam yang dapat terbarukan.

No comments:

Post a Comment